News

Tembus Final, Praveen/Melati Tebus Kesalahan Tahun Lalu

By: admin | 2020-03-15 07:17:43


 
 

SF
Sumber: Badmintalk

Birmingham, Badmintalk - Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil meraih tiket ke final All England 2020 setelah pertarungan sengit 68 menit menuntaskan perlawanan pasangan tuan rumah Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) dengan skor akhir 21-15 21-23 21-11.

Pada gim pertama, pasangan unggulan ke-5 di All England 2020 ini bermain secara agresif sehingga memimpin perolehan skor. Meski pasangan non unggulan, Marcus Ellis/Lauren Smith mampu memberikan perlawanan di laga ini bahkan sempat unggul 8-9 sebelum poin disamakan menjadi 9-9 dan menambah 2 poin beruntun menjadi 11-9 menutup interval gim pertama berbalik unggul. Setelah jeda interval, Praveen/Melati kembali menampilkan performa terbaiknya dengan memberikan serangan-serangan berupaya memperlebar selisih keunggulan menjadi 19-14. Di poin 19-14, wasit memberikan kartu kuning karena Praveen melakukan servis sebelum aba-aba dari wasit. Mengenai pemberian kartu kuning, Praveen mengungkapkan, “Saya gak mengerti  juga, wasit bilang saya lama tapi giliran saya serve wasit malah kasih saya kartu kuning. Tapi mau main gimana, main di tempat mereka yaudah kita terima saja.”Pasangan peringkat 5 dunia Praveen/Melati, berhasil mengamankan gim pertama dengan skor 21-15.

Di gim kedua, Praveen/Melati terus memberi serangan dan menekan lawan memperlebar selisih keunggulan poin hingga 8-1. Permainan net apik dan smash kencang yang tidak dapat dikembalikan oleh lawan membuat Praveen/Melati memimpin perolehan skor 16-12. Pertandingan menjadi sengit ketika Ellis/Smith berhasil memperpendek ketertinggalan menjadi 16-14. Marcus/Ellis mendulang poin dari kesalahan demi kesalahan ganda campuran Indonesia sehingga perolehan skor menjadi ketat. Dalam kondisi genting Ellis/Smith mengejar ketinggalan menjadi 19-20, kemudian menyamakan skor 20-20 dan berbalik unggul 21-20. Praveen/Melati mampu menyemimbangkan skor menjadi 21-21 namun Ellis/Smith lebih dulu mengklaim kemenangan di gim kedua dengan 23-21 memaksa rubber game.

SF
Sumber: @badmintalk_com

Terkait kalahnya di gim kedua Praveen menjelaskan, “Bisa dibilang tadi sebenarnya kita kecolongan di set kedua, sempat terkejar  walau sudah unggul jauh membuat kita kehilangan gim kedua. Untungnya, di gim ketiga kita bisa menguasai permainan dari awal dapat dilihat sendiri dengan perolehan poin yang cukup jauh kita tidak kembali kecolongan seperti set kedua.

Praveen menambahkan “Sebenernya ada di beberapa poin kita ikut pola permainan mereka dan permainan pasangan Eropa memang main tak tik, dengan memperlambat tempo dengan apapun (cara) dilakukan dan itu berhasil di set kedua. Kita juga di set ketiga tidak mau kecolongan seperti gim kedua lagi.”

Pada gim penentuan, Praveen/Melati kembali unggul jauh dari Ellis/Smith dengan skor saat interval 11-4. Kembali ke pola permainannya, ganda campuran Indonesia tampil dominan dan bermain cepat. Serangan bertubi-tubi dari Praveen/Melati membuat pasangan Inggris terdesak hingga melakukan kesalahan-kesalahan yang menguntungkan untuk pasangan Indonesia. Praveen/Melati akhirnya menuntaskan pertarungan dengan kemenangan di gim ketiga dengan skor 21-11. Hasil ini mengantarkan Praveen/Melati ke final All England 2020 dan akan melawan pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Rekor pertemuan kedua pasangan adalah 3-2 untuk keunggulan Praveen/Melati. Melati mengungkapkan persiapan untuk laga final besok hari, Minggu (15/3/20), “Kita udah sering ketemu juga, sudah tahu bagaimana permainannya harus siap capek karena mereka mainnya ulet banget gak gampang mati dan motivasi serta komunikasi tetap dijaga.”

Mengenai penampilan di babak semifinal All England 2020 Praveen mengaku, “Kalau dibilang seberapa persen, kita cukup puas namun masih banyak lagi yang harus diperbaiki untuk besok terutama besok final lawannya Thailand bukan yang mudah juga, kita akan mempersiapkan buat besok.” (WS/BT)

Nantikan perkembangan berita dan informasi langsung dari Birmingham hanya di badmintalk.com! Badmintalk Goes to All England 2020 supported by Indomilk Good to Go.

News