News

Rival Abadi Lintas Generasi

By: admin | 2017-11-19 16:43:32


 
 

Juara Tahoe China Open 2017
Sumber: badmintonindonesia.org

Badmintalk.com - Pasangan ganda putra anadalan Indonesai Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali harus bertemu pasangan veteran asal Denmark nomor 2 Dunia Mathis Boe/Carsten Mogensen di final Tahoe China Open Super Series Premier pada hari ini, 19 November 2017. Dalam catatan sejarah, kedua pasangan ini sudah bertemu sebanyak 6 kali, dimana 4 kali diantaranya Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan pasangan peraih medali perak Olimpiade 2012 tersebut.

Rivalitas lintas generasi ini mereka diawali dengan kekalahan Kevin/Marcus di babak 32 besar Malaysia Open Super Series Premier 2015 dengan rubber game. Setelah itu Kevin/Marcus membalas kekalahan mereka 1 tahun berikutnya tepat pada Final China Open 2016 tahun lalu, dan gelar tersebut  jugamenjadi gelar Super Series Premier pertama bagi pasangan Indonesia yang dijuluki Minions tersebut.

Memasuki seri turnamen tahun 2017, Kevin/Marcus menjadi salah satu pasangan yang ditakutkan bagi pasangan ganda putra dunia lainnya apalagi mereka berhasil menduduki peringkat pertama dunia setelah menjuarai 3 kejuaraan secara berturut-turut yaitu, All England , India Open dan Malaysia Open.

Pada saat semifinal Singapore Open 2017, Kevin/Marcus yang merupakan unggulan pertama harus berjumpa dengan Boe/Mogensen. Di pertemuan kali ini Boe/Mogensen kembali berhasil mengalahkan Kevin/Marcus dengan rubber set. Setelah kemenangan tersebut Mathias Boe secara terbuka menulis di media sosialnya tentang bagaimana cara untuk mengalahkan Minions, dan hal itu memicu "war" antara Kevin/Marcus dan Boe/Mogensen menjadi semakin memanas. Bukan hanya pada level atlet saja, tidak sedikit fans bulutangkis Indonesia yang merasa kesal dan sebal karena tulisan tersebut, yang menganggap Boe terkesan terlalu sombong.

Selang satu bulan sejak kejadian itu, tibalah saatnya Indonesia harus berhadapan dengan Denmark di fase grup Sudirman Cup 2017 di Gold Coast, Australia. Dan lagi-lagi Kevin/Marcus harus berhadapan dengan peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2013 di partai ganda putra. Pada pertandingan tersebut, partai Kevin/Marcus melawan Boe/Mogensen merupakan partai yang penting bagi Indonesia karena kalau Kevin/Marcus menang, langkah Indonesia untuk menuju babak 8 besar akan menjadi semakin terbuka. Namun apa mau dikata, karena emosi Kevin/Marcus yang belum bisa dikontrol, mereka pun harus kembali menyerah dengan skor cukup ketat 21-16 22-24 21-23.

Pertemuan keempat mereka tahun ini tersaji di laga final Korea Open. Namun sayang mereka harus kembali mengakui keunggulan ganda Denmark ini dengan pertandingan tiga set. Dan seketika itu, fans bulutangkis Indonesia seakan 'disadarkan' akan beratnya rivalitas lintas generasi yang terjalin antara kedua pasangan tersebut. Seolah-olah sulit sekali bagi Kevin/Marcus untuk mengalahkan pasangan pemain veteran asal Denmark yang kaya akan pengalaman bertanding tersebut.

Namun demikian, satu minggu berselang, kembali pasangan nomor 1 dan 2 dunia tersebut bertemu di partai semifinal Japan Open. Berkat doa, kemauan untuk belajar dan semangat pantang menyerah yang ditunjukkan Kevin/Marcus, kali ini mereka tampak bermain lebih tenang dan lebih bisa menjaga emosi di lapangan. Hasil pun tidak membohongi usaha, sehingga mereka akhirnya berhasil revans yang juga membawa mereka meraih gelar juara ke-4 tahun ini setelah menang 'cukup mudah' dari pasangan tuan rumah di final.

Hari ini, di partai final China Open 2017, akhirnya Kevin/Marcus membuktikan bahwa kemenangan mereka di Japan Open beberapa bulan lalu bukanlah kebetulan belaka. Mereka berhasil mempertahankan gelar mereka dari tahun lalu dengan mengalahkan Boe/Mogensen lewat pertarungan 2 game langsung 21-19 21-11. Dengan kemenangan hari ini, 'Minions' dari Indonesia ini telah memperkecil jarak rekor pertemuannya dengan Boe/Mogensen menjadi 3-4.

Semoga dengan kemenangan 2 kali berturut-turut atas ganda Denmark ini bisa meningkatan kepercayaan diri mereka di setiap  pertandingannya dan mari kita doakan agar supaya semoga mereka bisa mempertahankan performa mereka.

Good Luck Minions!

(BT/BW/PAF)

News