News

All England 2019 Round of 32: Jonatan Christie Melaju ke Babak Kedua

By: admin | 2019-03-06 23:45:33


 
 

Menang R1
Sumber: Badmintalk

Badmintalk.com - Jonatan Christie sukses melaju ke babak kedua All England 2019 setelah mengalahkan wakil Korea Selatan Lee Dong Keun, Rabu (6/3/2019) lewat pertandingan dua game langsung dengan skor 21-16 21-19. Pertandingan antara Jojo dan Lee Dong Keun berlangsung ketat sejak game pertama. Lee Dong Keun sempat memimpin di awal, namun Jojo dapat mengejar dan mengembalikan keadaan ketika skor 9-12 menjadi 15-12 hingga akhirnya dapat mengunci kemenangan game pertama.

Game kedua berlangusung cukup ketat dan dramatis dalam hal perebutan poin. Sama seperti game pertama Lee Dong Keun unggul terlebih dahulu pada interval game kedua dengan skor 11-8 dan terus menjauhkan poin dari Jojo untuk mendekati kemenangan hingga 19-11. Ketika butuh dua angka lagi untuk mengantongi kemenangan di game kedua agar memaksakan rubber, Lee terpaku di angka 19. Jojo terus mengejar mencoba memperkecil selisih skor, poin demi poin didapatkan hingga berhasil mengembalikan keadaan dan memastikan kemenangan di babak pertama All England 2019.

Kemenangan Jojo ini merupakan kemenangan pertama tim bulutangkis Indonesia pada hari pertama All England 2019 setelah lima wakil yang bertanding sebelumnya harus gugur di babak pertama.

Kepada tim Badmintalk, Jojo menjelaskan jalannya pertandingan dan memberikan komentar tentang bagaimana dia berhasil mengejar ketertinggalan di poin 11-19 dan berhasil menyusul, “Sebenarnya ada sedikit faktor luck juga, di game pertama awalnya agak nervous dan masih mencari-cari pola lawan. Tahun sebelumnya bola di All England itu berat, tapi kali ini kencang jadi harus menyesuaikan. Di game kedua saat tertinggal sempat lost, tapi saat 11-19 ya sudah main nothing to lose saja. Mungkin Lee Dong Keun trauma saat memimpin jauh bisa dibalikkan, jadi faktor lucknya di sana.Saya lebih berusaha agar tidak ikut ke dalam tempo permainan Lee Dong Keun, biasanya dia mainnya menunggu dan agak lambat. Di game kedua saya sedikit drop karena ia melambatkan bola, saya sampai berpikir ‘Kok mainnya jadi begini sih, ayo dong semangat!’, berusaha memotivasi diri seperti itu.”

Selain itu, Jonatan juga memberikan sedikit komentar mengenai kekalahan Anthony Sinisuka Ginting atas Ng Ka Long Angus dengan skor 18-21, 21-13 dan 11-21. “Di atas kertas (kalahnya Ginting) mungkin itu kejutan, karena 2 tur ini baru jadi unggulan mungkin dia ada sedikit beban. Saya lihat sekilas (Ng) Ka Long main cukup bagus dan bolanya sesuai dengan tipe dia,” terang Jonatan.

Pada babak kedua Jojo akan bertemu antara Srikanth Kidambi atau Brice Leverdez. Mengenai persiapan untuk babak kedua, Jonatan akan melakukan analisis video pertandingan. “Untuk lawan besok, saya harus menunggu hasil pertandingan dulu baru melakukan analisis video. Siapapun lawannya (baik Brice maupun Srikanth) harus siap.”

Setelah All England 2019, Swiss Open menjadi turnanen selanjutnya yang akan diikuti Jojo. Ditanya mengenai persiapan perubahan cuaca dan pola hidup, kepada tim Badmintalk Jonatan menjelaskan apa yang ia persiapkan. “Setiap di Eropa biasa kami bermain 2 turnamen sekaligus, jadi tidak ada perbedaan (untuk persiapan). Hanya saja cuaca di sini (Eropa) berbeda dengan Jakarta, jadi cara menjaga kondisinya pun berbeda. Pola tidur juga harus diatur serta makanan juga harus dijaga. Makan tetap nasi, harus cari nasi hehehe.”

Menurut Jonatan Christie masih banyak hal yang perlu ditingkatkan oleh tim Tunggal Putra. “Yang jadi PR kita adalah cara kita menikmati permainan saat bertanding, jangan sampai hanya nyaman di latihan saja tapi saat bertanding malah tegang dan tidak enjoy. Dari segi pukulan maupun fisik sebenarnya kita tidak kalah.” (WS / BT)

News