News

All England 2019 Round of 32: Di Bawah Tekanan, Marcus/Kevin Takluk dari Juara Dunia 2017

By: admin | 2019-03-07 04:15:03


 
 

All England Round of 32
Sumber: Badmintalk

Badmintalk.com - Datang sebagai juara bertahan di sektor Ganda Putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon belum berhasil melaju ke babak selanjutnya. “The Minions”, sebutan akrab pasangan nomor 1 dunia ini, kalah dari wakil Tiongkok dan juara dunia 2017, Zhang Nan/Liu Cheng dengan rubber game 19-21, 22-20, dan 17-21. Kekalahan ini memupuskan harapan untuk mencetak hat-trick juara All England.

Kejar mengejar skor di game pertama berlangsung cukup ketat. Minions meraih keunggulan di interval game pertama ditutup Minions dengan keunggulan 11-10 dan terus mencoba menjauh hingga saat kedudukan 15-13, Zhang/Liu mengejar. Skorpun menjadi imbang, 15-15, 16-16, 17-17, 18-18. Pengembalian bola melebar dari Minions menjadikan Zhang/Liu unggul 19-20 dan memenangkan game pertama dengan skor 19-21.

Situasi di game kedua serupa tapi tak sama dengan game pertama. Zhang/Liu unggul lebih dulu, namun kali ini Kevin/Marcus dapat menyusul dan menyamakan kedudukan di poin 8-8 kemudian memimpin perolehan skor di game kedua hingga 20-17. Ketika membutuhkan satu poin lagi untuk mengunci kemenangan, Zhang/Liu kembali menyamakan kedudukan 20-20 sampai pada akhirnya dua poin terakhir direbut oleh pasangan ganda putra Indonesia. Game kedua ditutup dengan skor tipis 22-20.

Perolehan skor yang ketat masih berlanjut hingga game ketiga. Sempat tertinggal dua poin di awal game ketiga, Zhang/Liu menyamakan kedudukan di poin 4-4 dan menjauh hingga mampu membuat Kevin/Marcus tertinggal 7-11. Selepas interval, Kevin/Marcus berusaha untuk memperkecil dan menjaga selisih skor namun terhenti di poin 17. Sebaliknya, Zhang/Liu berhasil mendekatkan diri dengan kemenangan sebelum menutup game ketiga dengan 17-21.

Terjadi insiden kecil setelah game kedua sempat tertunda setelah Marcus Fernaldi Gideon diganjar dengan kartu merah. Marcus dianggap menunda dimulainya pertandingan setelah tidak kunjung memasuki lapangan setelah waktu 2 menit habis. Umpire Amanda Balaam menyatakan fault dan memberikan 1 point untuk Zhang dan Liu. Setelah pertandingan, Marcus turut berkomentar terkait kartu merah yang diberikan wasit kepadanya. Insiden kartu merah tersebut diakui cukup berpengaruh. “Kami kena kartu merah karena masuk lapangan telat, padahal masuknya barengan. Lumayan berefek juga, karena musuh dapat 1 poin,” jelas Marcus.

Menanggapi kegagalan melaju ke babak 16 besar All England 2019, Marcus mengatakan bahwa Zhang/Liu hari ini lebih siap menghadapi pertandingan. “Feelnya tidak dapat dari awal, banyak kesalahan sendiri. Mereka lebih siap dari kita.” Akan tetapi, Kevin menambahkan bahwa dari permainan lawan sebenarnya tidak menunjukan banyak perubahan dari pertemuan sebelumnya, “Tidak terlalu banyak perubahan dari pasangan Tiongkok, hampir sama dengan pertemuan terakhir.”

Hasil ini memastikan Kevin/Marcus terhenti di babak pertama All England 2019 dan gagal mempertahankan gelar yang sudah diraih pada 2017 dan 2018. Dengan terhentinya Minions, tersisa Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebagai wakil Ganda Putra Indonesia di babak kedua. (WS / BT)

News