News

All England 2019 Round of 16: Dengan Pasangan Baru, Tontowi Ahmad Kembali Kalahkan Chan/Goh

By: admin | 2019-03-08 00:13:46


 
 

Round of 16
Sumber: Badmintalk

Badmintalk.com - Pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow sukses melaju ke babak perempat final All England 2019 setelah mengalahkan wakil Malaysia runner-up Rio Olympics 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Kamis (7/3/2019) lewat pertandingan rubber game dengan skor 21-15 16-21 23-21. Pertandingan antara Owi/Winny dan Chan/Goh berlangsung ketat sejak game pertama, namun Owi/Winny bisa menerapkan pola yang benar sehingga berhasil mengambil kemenangan di game pertama.

Memasuki game kedua, Owi/Winny sempat terbawa permainan lawan sehingga pada akhirnya harus mengakui keunggulan lawan untuk memaksakan rubber game. Di game ketiga, kejar-mengejar angka sempat terjadi hingga akhirnya Owi/Winny sempat mencapai match point terlebih dahulu. Sayang, karena terburu-buru ingin segera menyudahi permainan, dua poin diberikan untuk lawan sehingga harus terjadi deuce hingga poin 23. “Di game pertama kami sudah benar polanya, yang game kedua terpancing masuk ke pola lawan, di game ketiga oleh pelatih diberitahu, agar kembali ke strategi. Di game kedua juga kami agak bernafsu,” jelas Owi.

Kepada tim Badmintalk, Tontowi memberi komentarnya terhadap jalannya pertandingan ketika kalah di game kedua dan saat poin kritis di game ketiga. “Ini poin kritis dan ini kejuaraan penting. Kalau kita mati (bolanya) tidak masalah, tapi kita harus siap. Tadi ketika dicolong, kami seperti tidak siap. Untuk kejuaraan penting seperti ini, sudah seperti final Olimpiade, (ketidaksiapan) yang seperti itu tidak boleh terjadi. (Di saat seperti ini), di poin kritis Winny harus lebih siap.”

Owi pun memberi nasihat kepada Winny agar lebih tenang. “Di awal-awal (pertandingan, kami) lebih buru-buru ingin cepat game, tapi selalu diingatkan (oleh Owi) supaya tenang saja dan santai, jangan gugup.” Pada akhirnya, pasangan yang baru menjalani turnamen ketiga bersama di All England 2019 ini mampu menyudahi permainan dalam tempo 56 menit.

Kemenangan ini mempertegas rekor luar biasa Tontowi atas ganda Malaysia ini. Secara keseluruhan, ini adalah kemenangan ke-15 Tontowi dari 16 pertemuan dengan Chan Peng Soon, dengan 11 di antaranya diperoleh atas pasangan Chan/Goh. Rekor bagus ini diungkapkan Tontowi sebagai rahasia khusus untuk mengalahkan pasangan Malaysia unggulan kelima tersebut.

“Itu salah satu motivasi saya, dengan Ci Butet bisa menang jadi dengan partner baru juga bisa menang. Mereka selama ini sering masuk ke dalam strategi kami. Menurut saya mereka hari ini seperti biasa, kali ini kami unggul di strategi. Sudah sama-sama tahu, apalagi sering bertemu. Mereka sebenarnya yang agak dirugikan karena saya berpasangan dengan partner baru, jadi kurang tahu pola kita,” kata Owi, panggilan akrab Tontowi.

Kepada tim Badmintalk Winny pun mengungkapkan perasaannya saat berpasangan dengan Tontowi. “Awalnya iya (sempat minder), namun setelah pertandingan sudah tidak karena Bang Owi kasih tahunya santai, lebih seperti teman. Jadi tidak ada lagi (rasa minder).”

Tontowi pun mengungkapkan cara membimbing Winny yang serupa dengan saat dirinya dibimbing Liliyana Natsir. “Saya melihat kejuaraan sebelumnya, kami telah main di Barcelona (Spain Masters) dan Jerman (Open). Kita telah melatih strategi, sesuai masing-masing saja. Di Jerman kita belajar, saya agak kurang memberi saran ke dia, dia ya udah. Mungkin dengan saya ngomel-ngomel jadi lebih masuk. Tapi yang penting ini dijadikan motivasi, bukan jadi down.”

Di babak Perempat Final, Owi/Winny akan berhadapan dengan unggulan ketiga, Yuta Watanabe/Arisa Higashino atau Lu Kai/Chen Lu, yang masih bertanding saat artikel ini diturunkan. (ADS / BT)

News