News

2018 HSBC BWF World Tour Finals: Pertarungan Penuh Gengsi Antar Yang Terbaik

By: admin | 2018-12-10 08:11:29


 
 

World Tour Finals 2018
Sumber: Badmintalk

Badmintalk.com - Tahun 2018 menjadi tahun di mana BWF (Badminton World Federation), sebagai induk federasi bulutangkis dunia, melakukan beberapa perubahan format turnamen tahunan. Salah satunya adalah penggabungan turnamen Super Series dan Grand Prix menjadi satu seri dengan nama BWF World Tour, yang terbagi dalam lima tingkatan, yaitu Super 1000, Super 750, Super 500, Super 300, dan Super 100.

Poin yang didapatkan pemain dari bermain di seri BWF World Tour dalam setahun diakumulasi dalam World Tour Ranking dan delapan pemain/pasangan terbaik (beserta juara dunia, dengan maksimal dua wakil per negara) berhak mengikuti BWF World Tour Finals yang pada edisi perdana diadakan di Guangzhou, 12-16 Desember 2018.

Berbeda dengan turnamen reguler lainnya yang menggunakan sistem gugur, BWF World Tour Finals menggunakan sistem grup, ada dua grup dan setiap grup diisi 4 pemain/pasangan. Dua peringkat teratas grup akan lolos ke babak selanjutnya (semifinal). Sebagai turnamen penutup akhir tahun, ada setidaknya lima alasan mengapa BWF World Tour Finals merupakan salah satu yang paling bergengsi dan patut dinantikan oleh para pecinta bulutangkis.

  1. Prize Money Terbesar
    Salah satu keuntungan dari bermain di BWF World Tour Finals tentu saja adalah prize money yang fantastis. Dengan total US$ 1.500.000, turnamen penutup tahun ini menawarkan prize money terbesar, meningkat US$ 500.000 dari total hadiah BWF Super Series Finals sebelumnya. Sebagai perbandingan dengan turnamen level Super 1000 tahun 2018, total hadiah Indonesia Open adalah US$ 1.250.000 sedangkan All England dan China Open masing-masing menawarkan total US$ 1.000.000.
    Dengan peserta lebih sedikit, hadiah yang diperoleh sang juara pun melonjak jauh. Juara sektor tunggal akan mengantongi US$ 120.000 per pemain dan juara sektor ganda akan mengantongi US$ 126.000 setiap pasangan.

  2. Poin Ranking BWF
    Selain hadiah uang, poin ranking menjadi “hadiah” menarik lainnya dari berpartisipasi dalam World Tour Finals. Sebagai turnamen level 1, juara World Tour Finals akan memperoleh 12.000 poin ranking yang tentu saja akan sangat berharga. Jika kalah dalam ketiga pertandingan dan finis di posisi keempat dalam babak grup pun, seorang pemain akan menerima 4.800 poin. Angka ini setara dengan poin 16 besar turnamen Super 1000 dan lebih besar dari poin runner-up turnamen Super 100. Bisa dibilang, World Tour Finals menjamin poin ranking “gratis” bagi siapa saja yang bisa lolos dan berpartisipasi.

  3. Pengalaman Bertanding di Level Atas
    Sistem babak grup dalam BWF World Tour Finals di mana setiap pemain/pasangan setidaknya akan bermain tiga kali melawan pemain papan atas lainnya menjadi tempat untuk mendapat pengalaman bertanding di level tertinggi. Terlebih, kekalahan di satu pertandingan tidak akan menghapus peluang lolos ke Semifinal secara langsung. Pemain “rookie” yang lolos ke Finals untuk pertama kalinya seperti Anthony Sinisuka Ginting dan Han Chengkai/Zhou Haodong tentu akan bermain tanpa beban di setiap pertandingan.

  4. BWF Night of Nights
    Selain 5 hari turnamen, acara yang tak kalah dinantikan adalah BWF Night of Nights, edisi lanjutan dari “BWF Gala Dinner”. Siapa yang tidak penasaran melihat pemain seperti Chou Tien Chen, Zheng Siwei, atau Marcus Fernaldi Gideon dibalut jas dan setelan berkelas? Di malam yang sama juga akan ada acara tahunan di mana pemain terbaik dalam satu tahun akan menerima penghargaan “Player of the Year” yang sangat bergengsi.

  5. Pelayanan dan Fasilitas Mewah dari BWF
    Selain empat “benefit” di atas, pelayanan dan fasilitas bintang lima dari BWF menjadi daya tarik tersendiri dari BWF World Tour Finals. Dengan 8 pemain terbaik “diundang” langsung oleh BWF, transportasi dan akomodasi juga ditanggung penuh oleh penyelenggara. Bahkan dalam suatu kesempatan, Agnes Amelinda, istri dari Marcus Fernaldi, menyayangkan ketidakhadirannya karena setiap pemain mendapatkan kamar pribadi (ketimbang double room di turnamen lainnya) dari BWF.
     

Setelah pengundian babak grup dilaksanakan tadi pagi, para pemain akan bersiap-siap dan mencoba arena dalam dua hari ke depan. Perjuangan akan dimulai Rabu, pukul 11 siang waktu Guangzhou, atau 10:00 WIB. Sudah tidak sabar? Nantikan update pertandingan dan ulasan babak grup di akun media sosial Badmintalk.

(ADS, RT/BT)

 

News